Apa itu Public Relation?


Hubungan Masyarakat

Hubungan masyarakat adalah pekerjaan yang mengharuskan sedikit mungkin biaya keluar dari beriklan. Lebih banyak membujuk, meyakinkan dan mengajak kepada pelanggan dan pengguna jasa dengan cara tanpa membayar. Tujuan utama dari Public realtion adalah Kepercayaan (Trust).



1. Apa itu Humas

PR adalah bisnis membujuk, meyakinkan dan mengajak. Kita mencoba meyakinkan pemerhati baik didalam atau diluar kantor atau tempat lain seperti kota, diluar jangkauan pengaruh yang biasa kita berikan untuk menunjukkan dan meningkatkan gagasan, produk, posisi, pencapian kita dan organisasi kita.

Secara definisi PRSA (Public relations Society of America) "Hubungan masyarakat adalah proses komunikasi strategis yang membangun hubungan yang saling menguntungkan antara organisasi dan publik mereka."

PR/ Humas adalah pendongeng (storyteller). Tujuan dari cerita ini adalah untuk memperbaiki, menjaga dan meningkatkan nama baik (reputasi) dari organisasi yang diwakili. bisa melalui media, sosmed, jalur komunikasi milik organisasi (web, akun sosmed)

Public Relation/ Hubungan Masyarakat


Seorang humas yang baik akan menganalisis organisasi terlebih dahulu, menemukan apa yang dibutuhkan oleh organisasi, apa kekuatan organisasi, apa pesan positif yang dimiliki organisasi dan mengubahnya menjadi cerita yang lebih mudah dipahami oleh masyarakat.

Ketika berita yang keluar adalah berita baik, Humas akan meningkatkan dampaknya. Ketika tidak ada cerita di masyarakat humas akan menciptakannya. Ketika cerita yang terjadi buruk humas akan meredamnya dan mengalihkan dampaknya.

Humas adalah pembentuk citra organisasi. Mereka membuat masyarakat tercerahkan mengenai apa saja yang dilakukan organisasi terhadap masyarakat, terhadap pemerintah, apa saja kebijaknnya dan mengelola hubungan organisasi dengan lingkungan. Kelola ini bisa berkaitan dengan organisasi dan pelanggan, pemerintah dan selruuh pihak diluar organisasi juga pada pihak internal dengan internal yaitu hubungan antar pekerja. (Media, Investor, Pemerintah, Komunitas, internal, pelanggan, marketing)

Alat yang dibutuhkan:
  • Press release.
  • Pidato.
  • Pitches (lebih luwes dan tidak formal dari press release).
  • Membuat acara.
  • Melakukan riset pasar.
  • Blog, web, seluruh media web.
  • FB, Instagram, Twitter,  dan sosmed lain.




2. Beda Humas dengan iklan

Secara sederhana Kesamaan keduanya adalah bagian dari marketing. karena keduanya menjual organisasi. Marketing sendiri berisi setidaknya tiga bagian yaitu pengiklanan, humas dan penjualan.

Public Relation/ Hubungan Masyarakat


Tetapi apa yang membedakan humas dengan iklan? pertama tanpa bayar dan bayar, didapat dan dibeli, kredibel dan skeptis, berasa dan tidak. serta banyak lainnya.

iklan adalah media berbayar, sedang humas adalah media yang didapat. Humas meyakinkan kepada khalayak bahwa cerita kita asli dan dapat dipercaya. Sedang khalayak akan melihat setelah itu percaya atau tidak adalah keputusan mereka. sedang iklan tujuan utamanya adalah untuk membuat semakin banyak khalayak mengetahui keberadaan organisasi.

Iklan
Humas
berbayar
didapatkan
memabngun keterpaparan
membangun kepercayaan
pemirsanya akan skeptis
Memerlukan validasi pihak ketiga
garansi akan terlihat
tidak ada garansi
kendali penuh kreatifitas
media mengendalikan versi terakhir
kebanyakan visual
kebanyakan bahasa
lebih mahal
lebih murah
"Beli Produk ini"
"Produk ini penting"

Humas membangun kepercayaan, daripada sekedar keterpaparan, karena itu citra baik organisasi sanagt penting. Maka biasanya kekuatan mulut ke mulut dari masyarakat sangat menentukan citra organisasi.

Beda yang menarik dari Iklan dan humas adalah pesan yang akan mereka sampaikan. Iklan akan mengatakan apa yang masyarakat ingin dengar. Semisal "Anda akan semakin cantik dengan menggunakan skincare ini" tetapi Humas akan mengatakan kebenaran yang dibutuhkan oleh masyarakat semisal "menjaga kesehatan kulit bisa dilakukan dengan memperhatikan asupan vitamin E dalam tubuh" mereka tidak akan secara gamblang mengatakan mengenai skin care teresbut. Tetapi akan dilanjutkan di iklan "skincare ini mengandung vitamin E" dan sebagainya.

3. Apa beritanya?

Humas selalu bisa memanfaatkan berita. Selalu ada dua cara membuat cerita untuk organisasi. pertama buat beritanya kedua ikuti cerita yang telah beredar. semua akan bermuara pada manfaat yang didapatkan pemirsa. untuk itu kita harus memahami pandangan akhir yang didapatkan pemirsa.

Membuat cerita
Membuat cerita adalah bentuk yang paling umum digunakan oleh humas untuk membentuk berita. Biasanya mereka setelah melakukan acara atau mengikuti acara memberikan cerita kepada khalayak terutama orang yang mereka anggap penting. Usaha ini bisa berdampak besar, tetapi memerlukan biaya dan tenaga yang besar, tanpa jaminan ketercapaian dan cakupan yang tinggi. Lembaga penelitian dan universitas bisa membuat cerita mereka sendiri karena biasanya mereka bisa mengadakan penelitian dan pengumpulan data. Tetapi UMKM akan kesulitan melakukan hal ini. maka biasanya hal ini bisa digantikan dengan kuisioner kepada pelanggan dan pemasok. melalui email, telepon, dan sosial media kita bisa meminta umpan balik dari masyarakat untuk mendapatkan cerita kita sendiri.

Mengikuti cerita
Peluang datang dan pergi, begitu juga cerita yang baik dan buruk terhadap citra organisasi. Seorang humas akan mampu untuk mengikuti dan menanggapi hal tersebut. Seorang humas harus mampu mendongkrak cerita yang berdampak baik bagi perusahaannya. selain itu harus bisa menahan dan mengalihkan cerita yang merugikan perusahaannya. kecepatan menanggapi cerita adalah kemampuan yang dihargai dari seorang humas. berita yang kilat tetapi berdampak besar biasanya harus diantisipasi oleh para humas. apalagi berita yang lembam dan akan berdampak panjang, berita semacam ini wajib dikendalikan oleh para humas.

4 Peran Sosial Media

Apakah sosial media akan emnggantikan media lama? bisa jadi iya bisa jadi tidak. Tetapi sampai saat ini masih banyak media cetak yang tetap mencetak koran mereka. Sehingga selama dua media ini masih ada seorang humas harus mampu memanfaatkan dan mengendalikan seluruh media yang ada. 

Public Relation/ Hubungan Masyarakat


Setiap medsos memiliki karakternya amsing - masing. Selain itu market yang mengikuti juga berbeda. belum lagi karakter setiap medsos, waktu puncaknya, bagaimana penyajiannya. Setidaknya seorang humas harus mampu beradaptasi dengan cepatnya media sosial berubah.

hal yang perlu dipahami oelh seorang humas yang bergerak di dunia maya adalah SEO ini yang paling pertama, berikutnya adalah kemampuan mengembangkan konten, ketiga kemampuan memanfaatkan dan memperkuat dampak paparan medsos. setelahnya dalah membangun website, blog dan media online lainnya.

Buat berita di web dan blog, sebar melalui tweeter, FB dan instagram buat media online meliputnya dan perbesar terus dampaknya sampai seluruh media cetak memuatnya.

5. Ukuran dari keberhasilan Humas

sangat sulit dilakukan tetapi bisa mengacu pada barcelona Principles

Tetapi yang paling penting kita tidak bisa memisahkan tiga hal utama yaitu pengalaman pengguna, pengalaman pembeli dan pasar bebas. Pengguna atau pemirsa yang melihat berita dan iklan akan sama - sama merasakan kenyamanan atau gangguan. pembayar mereka yang mengeluarkan uang untuk beriklan dan menjaga hubungan mereka dengan masyarakat dan pasar bebas membuat seluruh dunia bergerak bebas sesuai kehendak mereka, berapa juta iklan yang beredar pada youtube tidak bisa kita kendalikan.


Public Relation/ Hubungan Masyarakat

Sekian dari hasil belajar saya untuk saat ini



Luki Subandi




Komentar