Arti nama Ganong

Nama kecil saya Ganong  sedang nama akte kelahiran saya Luki Subandi. kebetulan sore ini dalam jejaring sosial ada seseorang yang menanyakan arti nama saya tersebut akhirnya say amenulis jawaban yang begitu panjang. Namun, mmenurut say ahal ini sangat menarik karena saya sendiri ingin nama ini melekat sebagai nama maya saya atau akalu jadi penulis menjadi nama pena saya Mas Ganong.

Apa arti dari ganong?
  
Ganong itu nama kecil yang diberi orang tua saya. Niat utamanya adalah meniru bunyi komponen gamelan yang sering berbunyi nang, nong, nang gung dalam kebiasaan rakyat jawa merek amenyukai bunyi itu karen akebanyakan bunyi itu berarti tanda hajatan. Dan alasan ini diungkapkan oleh orang tua saya saat saya tanya namyanya kog ganong, sebenarnya awalnya semua anak lelaki orang tua saya dipanggil nang semua (dari kata lanang {cowok}). Kebetulan saya anak ketiga dari enam bersaudara dan empat anak awal adalah laki2 dan saat saya kecil berarti masih 3 anak laki2 masa dipanggil nang semua. jadi diputuskan gamelan itu diatas (sebenarnya tujuh bersaudara tetapi satu meninggal waktu kecil). Arti nama Ganong sendiri saya temukan sebagai berikut saat saya sudah SMA
KEJENAKAAN SPIRITUAL JENIUS
Bujang Ganong (Ganongan) atau Patih Pujangga Anom adalah salah satu tokoh yang energik dalam Seni Reyog Ponorogo. Sosok yang kocak sekaligus mempunyai keahlian lebih dalam seni bela diri. Sehingga dalam setiap pertunjukan Reyog Ponorogo, penampilannya selalu ditungu-tungu oleh penonton khususnya di kalangan anak-anak. Bujang Ganong menggambarkan sosok seorang patih muda yang cekatan, berkemauan keras, cerdik, jenaka dan sakti.
Dari salah satu versi cerita, Bujangganong adalah adik seperguruan dari Klonosewandono yang kemudian mereka berdua bertemu kembali dan bersatu, mendirikan kerajaan Bantarangin. Klonosewandono sebagai raja dan Bujangganong sebagai Patihnya. Dalam dramaturgi seni pertunjukkan reyog, Bujangganong lah yang dipercaya sebagai utusan dan duta Prabu Klonosewandono untuk melamar Dewi Songgolangit ke Kediri.
Bujang Ganong, meskipun secara fisik cenderung buruk rupa, tapi mempunyai kualitas yang tinggi. Sakti dan mumpuni, loyalitas tanpa batas namun lembut dan jenaka, terampil, serba bisa dan cerdas. Seorang abdi dan perwira tinggi sekaligus pamong yang penuh dedikasi, rendah hati, jujur, tulus tanpa pamrih.
Sewaktu SMP saya kurang suka memakai nama Ganong, Namun pada saat kelas 3 SMP sya baru menyadari ini nama yang unik karen ahampir diseluruh banyumas Nama ganong tidak saya temui jadi hanya saya satu-satunya Ganong. Dalam metode marketing salah satu yang membuat sesorang dikenal karena dia Unik dan satu-satunya. maka saya berfikir jika saya terkenal dengan Nama Mas Ganong maka saya akan dikenal selamanya dengan nama Ganong. berbeda dengan nama saya Luki apalagi ejaannya yang salah. jadi saya lebih suka dipanggil Mas Ganong sekarang. Panjang ya? saya sangat menanti pertanyaan ini soalnya sayang yang tanya Anonym coba diberi nama saya akan tanya balik dengan anonym juga hahaha...

Komentar