Inside Out Paradigma Perbaikan Diri

Tidak ada keunggulan nyata di seluruh dunia ini yang dapat dipisahkan dari kehidupan yang benar
David Starr Jordan * * *
Dalam lebih dari 25 tahun bekerja dengan orang-orang dalam bisnis, universitas, dan pengaturan pernikahan dan keluarga, saya telah berhubungan dengan banyak individu yang telah mencapai sikap perjuangan dengan rasa lapar batin, kebutuhan yang mendalam untuk kongruensi dan keefektifan pribadi dan untuk hubungan yang sehat dan bertumbuh dengan orang lain.
Saya menduga bahwa beberapa dari mereka mungkin akrab dengan Anda.
Saya telah menetapkan dan memenuhi tujuan karir saya dan saya memiliki kesuksesan profesional yang luar biasa. Tapi itu mengorbankan kehidupan pribadi dan keluarga saya. Saya tidak mengenal istri dan anak-anak saya lagi. Saya bahkan tidak yakin saya mengenal diri saya sendiri dan apa yang benar-benar penting bagi saya. Saya harus bertanya pada diri sendiri - apakah itu pantas?
Saya sudah memulai diet baru - untuk kelima kalinya tahun ini. Saya tahu saya kelebihan berat badan, dan saya benar-benar ingin berubah. Saya membaca semua informasi baru, saya menetapkan tujuan, saya mendapatkan diri saya sangat bergairah dengan sikap mental positif dan mengatakan pada diri saya sendiri bahwa saya dapat melakukannya. Tapi ternyata tidak. Setelah beberapa minggu, saya gagal. Saya sepertinya tidak bisa menepati janji yang saya buat untuk diri saya sendiri.
Saya telah mengambil kursus berkali - kali berkaitan pelatihan manajemen yang efektif. Saya berharap banyak dari karyawan saya, dan saya bekerja keras untuk bersikap ramah kepada mereka dan memperlakukan mereka dengan benar. Tapi saya tidak merasakan kesetiaan sedikitpun dari mereka. Saya pikir jika saya berada di rumah sakit selama sehari, mereka akan menghabiskan sebagian besar waktu mereka bergosip. Mengapa saya tidak bisa melatih mereka untuk mandiri dan bertanggung jawab?
Anak remaja saya suka memberontak dan menggunakan narkoba. Tidak peduli apa yang saya coba, dia tidak akan mendengarkan saya. Apa yang dapat saya lakukan?
Ada begitu banyak yang harus dilakukan. Dan tidak pernah ada waktu yang cukup. Saya merasa tertekan dan terganggu sepanjang hari, setiap hari, tujuh hari seminggu. Saya telah menghadiri seminar manajemen waktu dan saya sudah mencoba setengah lusin sistem perencanaan yang berbeda. Itu telah membantu beberapa hal, tetapi saya masih tidak merasa saya menjalani kehidupan yang bahagia, produktif, damai yang ingin saya jalani.
Saya ingin mengajari anak-anak saya nilai dari kerja. Tetapi untuk membuat mereka melakukan apa pun, saya harus mengawasi setiap gerakan; dan bertahan dengan mengeluh setiap langkah. Lebih mudah melakukannya sendiri. Mengapa anak-anak tidak melakukan pekerjaannya dengan riang dan tanpa diingatkan?
Saya sibuk - sangat sibuk. Tetapi terkadang saya bertanya-tanya apakah yang saya lakukan akan membuat perbedaan dalam jangka panjang. Saya benar-benar ingin berpikir ada arti dalam hidup saya, yang entah bagaimana caranya membuat saya membuat perbedaan di sini.
Saya melihat teman-teman saya atau beberapa orang lain, saya tersenyum dan mengucapkan selamat kepada mereka dengan antusias. Tapi di dalam, aku makan hati. Kenapa aku merasa seperti ini?
Saya memiliki kepribadian yang kuat. Saya tahu, dalam hampir semua interaksi, saya bisa mengendalikan hasilnya. Sering kali, saya ingin melakukannya dengan memengaruhi orang lain untuk mendapatkan solusi yang saya inginkan. Saya memikirkan setiap situasi dan saya benar-benar merasakan ide yang saya dapatkan adalah yang terbaik untuk semua orang. Tapi saya merasa tidak nyaman. Saya selalu bertanya-tanya apa yang orang lain pikirkan tentang saya dan ide-ide saya.
Pernikahan saya sudah datar. Kami tidak bertarung atau apapun; kami tidak saling mencintai lagi. Kami sudah pergi ke konseling; kami sudah mencoba beberapa hal, tetapi kami sepertinya tidak bisa mengubah perasaan yang biasanya kami miliki.
Ini adalah masalah yang dalam, masalah yang menyakitkan - masalah yang tidak bisa dipecahkan dengan cepat.
Beberapa tahun yang lalu, istri saya, Sandra, dan saya berjuang dengan keprihatinan seperti ini. Salah satu putra kami mengalami masa yang sangat sulit di sekolah. Dia melakukan akademis dengan buruk; dia bahkan tidak tahu bagaimana mengikuti instruksi pada tes, apalagi melakukannya dengan baik. Secara sosial dia belum dewasa, sering kali memalukan orang-orang terdekatnya. Secara atletis, dia kecil, kurus, dan tidak terkoordinasi - mengayunkan tongkat bisbolnya, misalnya, hampir sebelum bola itu bahkan dilempar. Orang lain akan menertawakannya.
Sandra dan aku dipenuhi keinginan untuk membantunya. Kami merasa bahwa jika "sukses" penting dalam setiap bidang kehidupan, itu sangat penting dalam peran kami sebagai orang tua. Jadi kami bekerja pada sikap dan perilaku kami. Kami berusaha untuk mengasah dia menggunakan teknik sikap mental positif. "Ayolah, Nak! Kamu bisa! Jangan mengayunkannya sampai dekat denganmu." Dan jika dia melakukan sedikit lebih baik, kami akan berusaha keras untuk memperkuatnya. "Bagus, Nak, teruskan."
Ketika orang lain tertawa, kami menegur mereka. "Jangan ganggu dia. Pergilah. Dia baru belajar." Dan putra kami akan menangis dan bersikeras bahwa dia tidak akan pernah menjadi baik dan bahwa dia tidak menyukai baseball pula.
Tidak ada yang kami lakukan untuk membantu, dan kami benar-benar khawatir. Kita bisa melihat efek yang ditimbulkan pada harga dirinya. Kami berusaha untuk memberi semangat dan membantu dan positif, tetapi setelah kegagalan berulang, kami akhirnya mundur dan mencoba untuk melihat situasi pada tingkat yang berbeda.
Pada saat ini dalam peran profesional saya, saya terlibat dalam pekerjaan pengembangan kepemimpinan dengan berbagai klien di seluruh negeri. Dalam kapasitas itu saya sedang mempersiapkan program dua bulanan tentang masalah komunikasi dan persepsi untuk para peserta Program Pengembangan Eksekutif IBM.
Ketika saya meneliti dan menyiapkan presentasi ini, saya menjadi sangat tertarik pada bagaimana persepsi terbentuk, bagaimana mereka berperilaku. Hal ini menuntun saya ke studi tentang teori harapan dan ramalan-ramalan yang memenuhi diri atau "efek Pygmalion," dan untuk mewujudkan betapa mendalamnya persepsi kita. Itu mengajari saya bahwa kita harus melihat pada lensa yang melaluinya kita melihat dunia, juga di dunia yang kita lihat, dan bahwa lensa itu sendiri membentuk cara kita menafsirkan dunia.
Ketika Sandra dan saya berbicara tentang konsep yang saya ajarkan di IBM dan tentang situasi kami sendiri, kami mulai menyadari bahwa apa yang kami lakukan untuk membantu putra kami tidak selaras dengan cara kami benar-benar melihatnya. Ketika kami dengan jujur ​​memeriksa perasaan terdalam kami, kami menyadari bahwa persepsi kami adalah bahwa pada dasarnya dia tidak memadai, entah bagaimana "di belakang." Tidak peduli berapa banyak kami bekerja pada sikap dan perilaku kami, upaya kami tidak efektif karena, terlepas dari tindakan dan kata-kata kami, apa yang benar-benar kami komunikasikan kepadanya adalah, "Kamu tidak mampu. Kamu harus dilindungi."
Kami mulai menyadari bahwa jika kami ingin mengubah situasi, pertama-tama kami harus mengubah diri. Dan untuk mengubah diri kita secara efektif, pertama-tama kita harus mengubah persepsi kita.
Diambil dari The 7 Habits of Highly Effective People

Komentar