Bagaimana membuat blog yang baik

Menulis di blog atau yang kita sering sebut ngeblog itu kegiatan yang menyenangkan. Banyak orang menemukan kegiatan ngeblog ini membuat mereka merasa kembali segar dalam menjalani hidup.  

Saya sendiri telah aktif ngeblog sedari tahun 2011. Tulisan ini sendiri telah diedit entah berapa kali sampai tampil seperti sekarang ini. Sekedar informasi tulisan ini diedit terakhir kali tanggal 15 januari 2020. 

Setiap orang memiliki tujuan blogging mereka berbeda - beda, bagi saya sendiri saya menentukan tujuan saya saat memblog adalah untuk membagikan apa yang saya miliki kepada orang lain. Setelahnya saya mendapati tujuan ngeblog saya adalah untuk melepas penat agar pikiran bisa kembali segar. Tujuan terakhir saya dari ngeblog ini ingin dapat uang dari adsense atau iklan. Sampai saat ini tujuan pertama dan kedua telah tercapai, tetapi tujuan ketiga belum tercapai. biarlah. 


Dalam tulisan ini saya akan memberikan trick dan tips dari saya pribadi sesuai dengan apa yang di sampaikan dalam judul mengenai bagaimana membuat blog yang baik.



Tentu semua petunjuk ini adalah hasil dari pengalaman pribadi. Walau trend ngeblog sekarang ini sudah mulai berkurang, terutama setelah viralnya budaya ngevlog. Tetapi, Saya tetap berusaha agar blog saya ini bisa memiliki kualitas tulisan yang cukup baik bagi teman - teman. Bagi Anda yang ingin mengincar penghasilan melalui internet dan merasa blogging adalah jalan Anda saran saya urungkan niat Anda lebih baik Anda melakukan Vlogging. dari youtube Anda akan mendapatkan lebih banyak uang daripada sekedar blogging. 

Meskipun saat ini jaman sudah beralih dari blogging menjadi jaman sosmed, kita masih tetap bisa dan boleh ngeblog. Dengan naik turunnya ketenaran sosmed mulai dari FB, path, instagram, twitter, Tinder dll. Dari semua platform sosmed ini FB dan Instagram merupakan yang paling menarik untuk mencari uang. Sekali lagi, meskipun trend ngeblog sudah berkurang tetapi tidak ada salahnya tetap eksis di blogger. 

Mengapa sih kita tetap ngeblog? pertanyaan ini cocok tuh untuk diajukan agar kita tidak kehilangan semangat ngeblog. Sederhananya karena Blog adalah media yang sangat menarik. Blog dan Web bisa dikatakan adalah sumber informasi paling dasar untuk dunia internet. Sosmed memang merupakan jalur informasi yang sangat ramai, tetapi kebanyakan orang di sosmed akan bersikap skeptis dan acuh tak acuh, tetapi berbeda dengan Blog. Blog bisa dikatakan sumber informasi yang bisa dihandalkan. Memiliki tingkat kepercayaan yang lebih tinggi daripada sekedar postingan di sosmed.

Daripada berlama - lama pada bagian apa benefit dari ngeblog mending kita mulai satu persatu kiat dan petunjuk yang hendak kita bahas. Berikut adalah kiat dan petunjuk yang saya sarikan untuk para blogger:

Pertama: bulatkan tekad anda, jika anda tidak benar-benar ingin menulis di blog, lebih baik jangan membuat diri anda sibuk - sibuk dalam perblogan. Jika tujuan anda hanya sekedar hobi menulis tidak usah pikirkan rumit-rumit untuk membuat blog yang bagus. Belum lagi jika anda belum memiliki pengahasilan, lebih baik anda memikirkan hidup anda terlebih dahulu daripada membuat blog. Jika anda berniat mencari uang dari blog, lebih baik anda perhatikan pesan saya diatas. Lebih baik Anda vlog, lebih menghasilkan video daripada tulisan di jaman ini. Lebih baik anda menulis di medsos, jika anda ngotot untuk mencari uang lewat tulisan, buatlah tulisan yang bagus dan uploadnya di FB. Tidak usah, begitu memperhatikan google base, karena sedang tidak terlalu bagus adsnya. Owh iya, jika anda berniat mencari uang dari internet lebih baik pelajari e marketing.

Kedua: perbaiki cara pandang Anda mengenai blog. Sudah saya katakan dari awal, sekarang sudah bukan lagi jamannya blog, tetapi meskipun seperti itu, blog masih tetap bisa bermanfaat bagi banyak orang. Jadi perbaiki cara pandang Anda tentang blog. Karena cara pandang Anda terhadap blog mempengaruhi langkah Anda kedepan. Blog tidak akan seramai FB, tetapi blog akan bisa bermanfaat banyak selama bisa menembus halaman pertama google search dengan teknik SEO.

Dari blog kita tidak akan bisa mendapatkan ketenaran yang cepat, tidak secepat melalui FB, instagram ataupun Yputube. Ini adalah sudut pandang yang perlu Anda miliki. Sudut pandang yang benar penting bagi keberlangsungan Anda saat memblogging. 

Ketiga: Anda adalah penulisnya, jika anda ingin membuat blog yang baik, awali lah dengan menulis dengan gagasan-gagasan utama Anda terlebih dahulu. Memang ada lebih banyak cara anda mendapatkan pengunjung lebih banyak dengan mengambil karya orang lain, tetapi semua itu tidak akan membuat diri Anda berkembang, jika Anda tidak berkembang itu merupakan kerugian bagi diri anda. Bayangkan Anda yang terkenal lewat blog, blog Anda sangat ramai dikunjungi pembaca tetapi tulisan Anda cuman kopi paste apa kebanggaan yang bisa Anda miliki?

Lebih baik Anda membuat tulisan yang baik daripada Anda mengopi dari tulisan orang yang sudah sangat ramai dikunjungi. Berikutnya agar Anda mendapatkan banyak pengunjung Anda bisa mempelajari cara itu pada tulisan saya yang lain atau tulisan orang lain mengenai menulis sampai viral. Itu bisa anda pelajari lagi di kemudian hari.

Keempat: tentukan dengan sangat jelas tujuan besar Anda dalam membuat blog. Apa tujuan utama Anda dalam membuat blog? Apakah untuk curhat biar hati lega? Apakah untuk menuangkan uneg - uneg? Ataukah Anda ingin terkenal? Atau ingin tulisan Anda populer di internet? Atau atau yang lain. Karena tujuan membuat blog Anda ini akan menentukan blog Anda nantinya menjadi apa, maka tentukan dengan jelas apa tujuan Anda.

Bagi saya menulis adalah sekedar hobi yang begitu menyenangkan. Sehingga saya sendiri sering menghabiskan waktu yang saya punya untuk menulis. Blog saya ini saya fungsikan sebagai penyalur hobi saja. Kenapa saya memilih blog? Daripada note FB? Karena di Note FB mudah sekali tenggelam, sedang di blog semua tulisan akan tetap sesuai urutan yang saya inginkan.

Kelima: rencanakan semua dengan baik. Jika anda sudah memiliki tujuan besar dalam membuat blog, buatlah kerangka tulisan yang ingin Anda terbitkan, rencanakan berapa perpekan tulisan yang ingin anda buat. Rencanakan apa tema besar Anda, juga apa tema kecil Anda. 

Saya sendiri menentukan tema pada blog saya di Anak Gang Empat ini sebagai blog dengan tema belajar bebas. Artinya semua tulisan yang ada di blog ini adalah tulisan berbagai tema. Bisa dikatakan tema tulisan di blog ini adalah gado - gado atau secara sederhana tidak bertema. Karena pada awalnya saya menulis di blog ini hanya seabgai hobi atau kesenangan semata. Maka kebanyakan tulisan saya di blog ini bermutu alakadarnya. 

Keenam: Kebermanfaatan, tulisan Anda haruslah memiliki manfaat bagi siapapun yang membaca dan terutama kebermanfaatan bagi Anda pribadi. Sangat penting tulisan itu memiliki manfaat, jika tulisan tidak memiliki manfaat maka akan sedikit orang mau membaca tulisan Anda. Jika tulisan itu memiliki banyak manfaat percayalah dengan sendirinya tulisan itu menjadi viral, walau ada kemungkinan tulisan Anda dijiplak orang.

Ketujuh: perhatikan sasaran pasar Anda, dalam hal ini sebenarnya perlu dibahas lebih rinci lagi, sebenarnya setiap point diatas perlu dibahas lebih rinci lagi tapi ya sudahlah. Cara memperhatikan pasar Anda adalah dengan mengetahui mereka, caranya definisikan dulu pasar yang Anda incar, setelah itu buat spesifik pola pikir mereka, perasaan mereka dan banyak hal lainnya seperti latar belakang pengetahuan, latar belakang adat, bahasa dan sebagainya. Setelah Anda tahu dan paham benar target Anda barulah anda membuatkan untuk mereka tulisan yang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan dan inginkan. Tentu semuanya Anda yang menentukan. 

Untuk hal ini ada satu catatan khusus, jangan terlalu mempedulikan haters, bisa jadi nanti Anda akan menemui pembenci tulisan Anda, tetapi Anda tidak perlu khawatir, ini blog Anda. Karena Anda penulisnya. Anda hanya perlu memperhatikan jika komen tersebut berasa dari 50% lebih pembaca Anda. 

Kedelapan: Buat tulisan Anda lebih mudah disukai. Caranya bagaimana, pertama buka pandangan Anda mengenai kesukaan itu, dan buat tulisan anda di blog lebih banyak mengenai kesukaan anda, maka orang yang datang adalah orang yang menyukai tulisan Anda saja, setelah itu terjalinlah hubungan timbal balik antara Anda dan pembaca, ketika mereka sudah memberikan kritik dan saran yang membangun saat itulah Anda sudah semakin disukai.

Kesembilan: terus perbaiki karya Anda. Semua yang saya tuliskan dari atas itu tidak akan serta merta menjadikan tulisan Anda menjadi karya yang luar biasa hebatnya, semua itu perlu mendaki tangga - tangga kemahsyuran dan kemahiran. Setapak demi setapak asalkan Anda konsisten dan terus naik, insyaAllah Anda akan berhasil dalam dunia perblogan

Tulisan ini sudah diedit empat kali, yang terakhir pada tanggal 15 januari 2020.
Salam hangat dari saya,


Ganong Subandi

Komentar